Yahoo Webmasters Tool
Agar blog baru bisa terindek oleh mesin search engine dengan tempo yang cepat tentunya ada beberapa cara yang harus dilakukan. Salah satunya dengan mendaftarkannya ke Layanan Google & Yahoo! Webmasters Tool.
Untuk Google Webmasters Tool sendiri sudah di bahas pada postingan sebelumnya. Dan kali ini yang akan menjadi topik bahasan adalah Yahoo! Webmasters Tool.
Yahoo! Webmasters Tool
Yahoo! Webmasters Tool adalah layanan untuk mempercepat terindeksnya seluruh isi Blog kita pada mesin search engine. Dengan menggunakan layanan Webmasters Tool sendiri, akan sangat membantu untuk menganalisa perkembangan Blog di mata mesin search engine dan tentunya untuk menjaring pengunjung yang berasal dari search engine.
Bagi kebanyakan blogger papan atas pemasangan META dari Yahoo! Webmasters Tool masih banyak kita jumpai. Meskipun isu yang beredar tentang pemasangan META tidaklah terlalu Vital untuk Search Engine Optimation (SEO) itu sendiri. Tapi pada kenyataannya masih banyak para Master yang meggunakan Jurus ini.
Bagaimana cara mendaftar di Yahoo! Webmasters Tool?
Langkah pertama tentunya kita harus memiliki Yahoo! ID yang masih valid. Buka https://siteexplorer.search.yahoo.com/ dengan menggunakan Yahoo! ID.
Setelah berada di halaman Dashboard, masukkan URL blog Anda lalu klik Submit URL.
Pada halaman berikutnya setelah Anda men-Submit URL , pada halaman status Anda akan melihat bahwa URL yang telah Anda submit telah masuk dalam daftar Blog. Setelah itu klik nama blog yang telah di submit tersebut.
Pada halaman berikutnya setelah Anda men-Submit URL , pada halaman status Anda akan melihat bahwa URL yang telah Anda submit telah masuk dalam daftar Blog. Setelah itu klik nama blog yang telah di submit tersebut.
Dibawah daftar nama blog yang telah Anda submit tadi akan muncul ‘Feed’ dan ‘Authentication’. Pilih Feed untuk menambahkan daftar Feed blog Anda. Pada kolom yang tersedia, Anda tinggal menambahkan ‘atom.xml’. Selanjutnya klik ‘Add Feed’ dan feed blog Anda telah terdaftar.
Langkah selanjutnya Anda pilih ‘Authentication’ dan di halaman sebelahan kanan akan muncul 2 (dua) pilihan, yaitu:
- By uploading a verification file to my site.
- By adding a META tag to my home page.
Pilih ‘By adding a META tag to my home page’ dan copy META Tag yang ada (yang tercetak tebal).
Agar nantinya blog Anda terverifikasi, silahkan terlebih dahulu masuk ke dalam Account blog Anda. Pasang kode ‘Meta Tag’ yang telah Anda copy tadi.
‘Meta Tag’ harus di pasang dalam halaman Blog Anda dengan posisi dibawah kode atau diatas kode . Untuk contoh yang saya pergunanakan adalah tampilan dengan menggunakan blog dari Account Blogspot. Pada halaman ‘Tata Letak’ --> EDIT HTML, Setelah META Tag terpasang jangan lupa untuk di save.
Setelah itu kembali lagi pada halaman Yahoo! Webmasters Tool dimana tadi Anda mengcopy META Tag. Klik kotak bertuliskan ‘Ready to Authenticate‘. Jika berhasil maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini.
Sangat mudah bukan?
Sepertinya penjelasan di atas sudah cukup untuk di mengerti. Dan dalam tempo 1 x 24 jam Yahoo! Akan mengindek blog Anda.
Bagi yang menggalami ‘ERROR’ sewaktu masa penyimpanan di blog. Itu dikarenakan kode yang ada tidak di tutup secara benar. Untuk itu Anda bisa mengakalinya dengan langkah berikut:
META Tag asli
Anda tinggal menambahkan tanda ‘ / ’ pada akhir kode penutup. Sehingga akan terlihat seperti dibawah ini:
Semoga penjelasan tentang Webmasters Tool kali ini bisa membantu.
Happy Blogging!

0 comments:
Post a Comment